Apabila suatu arus lalu lintas bergerak
teratur kemudian terdapat hambatan di depannya maka pada titik ruas jalan
tersebut kepadatannya akan membesar sampai pada kendaraan di belakang. Kemudian
apabila jalan dibuka gelombang kepadatan bergerak dengan kecepatan tertentu,
hal ini disebut dengan gelombang kejut. Kondisi ini terjadi pada ruas jalan
yang memiliki hambatan seperti gelombang kejut yang terjadi di simpang yang
bersinyal yang dikarenakan oleh nyala lampu merah dan hijau secara periodik
atau pada pintu penutupan dan pembukaan rel kereta api yang terjadi secara
periodik dalam sehari.
Kamis, 18 Juni 2015
Selasa, 14 April 2015
Wire Mash
Wire Mash adalah Besi yang bentuknya seperti kawat
yang dianyam menjadi lembaran dengan mutu kawat baja U50 (fy = 500 Mpa). Di
indonesia Wiremash dikenal dengan nama besi anyam. Jenis besi wiremash ada dua,
yaitu :
1. Berupa lembaran. Ukuran standarnya adalah 2,1
meter x 5,4 meter.
2. Berupa gulungan atau roll. Ukurannya lebar 2,1
meter dan panjangnya bisa mencapai 54 meter.
Wiremesh banyak digunakan untuk bahan penguat atau
tulangan dalam pengecoran, seperti untuk pengecoran jalan dan lantai. Besi
wiremash yang baik adalah yang proses pembuatanya menggunakan sistem las
otomatis. Jadi jarak antar kawat selalu sama dan seragam. Demikian pula dengan
penampang lintang, juga selalu konsisten. Sehingga kawat pada besi wiremash
tidak akan pernah berkurang serta semua susunan selalu berada diposisinya
masing-masing.
Berikut beberapa keuntungan dari penggunaan
wiremash, adalah :
·
Dengan
penggunaan wiremesh tidak perlu proses merangkai besi plat
·
Dengan
penggunaan wiremesh dan steel deck dapat mereduksi jumlah perancah
·
Tulangan plat
bawah dapat dihilangklan karena fungsinya digantikan metal deck.
Steel Deck
Steel Deck merupakan plat baja galanized pengganti
papan bekisting yang dipergunakan sebagai lapisan paling dasar pada pengecoran
dak beton. Plat ini memiliki tebal 0,75 mm terbuat dari baja High Tensil G550.
Permukaannya berprofil gelombang menyerupai huruf W. Profil ini berfungsi untuk
memperkuat daya lekat beton ke plat terhadap gaya geser dan konstruksi dak.
Selain itu juga memperkecil kemungkinan retak pada hasil pengecoran.
Keuntungan Steel Deck antara lain :
·
Menghemat
penggunaan perancah atau tiang-tiang penyangga saat proses pengedakan.
·
Menghemat
volume adukan cor semen, karena permukaannya yang bergelombang yang berfungsi
juga sebagai penguatan.
·
Menghemat
waktu pengerjaan karena dengan campuran cor yang tepat, tiang-tiang perancah
dapat dilepas lebih cepat.
Kerugian Steel Deck adalah plat baja yang dapat menuai karena temperatur
maka disarankan untuk memakai tulangan susut yang berfungsi untuk mengatasi
keretakan lantai beton akibat perubahan temperatur dan membagi beban merata.
Untuk plat antara 9-12 cm digunakan jaring kawat berdiameter 5 mm dan untuk
ukuran 13-16 cm dapat digunakan jaring kawat berdiameter 8 mm.
Minggu, 17 Agustus 2014
Perencanaan Transportasi
STRUKTUR PELAT
Definisi
•Pelat adalah elemen
horizontal struktur yang mendukung beban mati maupun beban hidup dan menyalurkannya ke rangka vertikal dari sistem struktur
Tinjauan Umum Pelat
•Pelat merupakan struktur bidang (permukaan) yang lurus, (datar atau melengkung) yang tebalnya jauh lebih kecil dibanding dengan dimensi yang
lain.
Segi statika, kondisi tepi (boundary condition) pelat dibagi menjadi :
•Tertumpu bebas (plat di cor dengan dinding atau batu kali)à ujung tumpuan berputar
•Tidak tertumpu (free) à harus diimbangi jepit penuh pada sisi lain
•Jepit elastis à ujung tumpuan sedikit berputar, momen negatif ada tapi kecil
•Jepit penuh (cor monolit dengan balok / kolom) à ujung tummpuan tidak berputar , ada momen negatif yang besar
.
Berdasarkan aksi strukturalnya, pelat dibedakan menjadi empat
(Szilard, 1974)
Pelat kaku : merupakan pelat tipis yang memilikki ketegaran lentur
(flexural rigidity), dan memikul beban
dengan aksi dua dimensi, terutama dengan momen dalam ( lentur dan puntir) dan gaya geser
transversal,
yang umumnya sama dengan balok. Pelat yang dimaksud dalam bidang teknik adalah pelat kaku, kecuali
jika dinyatakan lain.
Membran : merupakan pelat tipis tanpa ketegaran lentur dan memikul beban lateral dengan gaya geser aksial
dan gaya geser terpusat. Aksi pemikul beban ini dapat didekati dengan jaringan kabel yang tegang karena
ketebalannya yang sangat tipis membuat daya tahan momennya dapat diabaikan.
Pelat flexibel : merupakan gabungan pelat kaku dan membran dan memikul beban luar dengan gabungan aksi
momen dalam, gaya geser
transversal dan gaya geser terpusat, serta gaya aksial. Struktur ini sering dipakai
dalam industri ruang angkasa karena perbandingan berat dengan bebannya menguntungkan
.
Pelat tebal : merupakan pelat yang kondisi tegangan dalamnya menyerupai kondisi kontinu tiga dimensi
.
PERENCANAAN PLAT
•1. Tebal Pelat
•Tabel di atas menggunakan beton normal
(w =2300 kg/m3 dan baja tulangan fy = 400 Mpa
•Untuk beton ringan ( w =
1500 s/d 2000 kg/m3)
nilai harus dikalikan dengan
(1,65-0,005 Wc) dan tidak kurang dari 1,09 di mana Wc = unit masa dlm kg/m3
•Untuk fy lain dari 400 Mpa, nilai harus dikalikan dengan (0,4 + (fy/700))
Untuk lebih jelas bisa download cara perhitungan pelat lantai disini
Jumat, 20 September 2013
Kamis, 19 September 2013
Pesona Green Canyon Jogja
Sabtu-Minggu kemarin ane diajak maen sama temen ane yang di Jogja. Ane diajak ke kali, bak bidadari kecemplung kali ane maen-maen kecipukan disitu tuh, nama tempatnya Jembatan kuning pokoknya bagus deh tempatnya, terletak di daerah Imogiri apa Mangunan gitu, apa tempatnya namanya mangunan, ane gak ngerti. ane liatin poto2 nya ya. kalo keatsa lagi kita bisa liat pemandangan perbukitan hijau, di taman buahnya. Ya mungkin bisa jadi salah satu tempat tujan agan2 diakhir pekan ini. :)