Senin, 18 Maret 2013

dokumen Kontrak

Kegiatan awal dalam sutu proyek tentu sudah gak asing lagi buat para sipilers. oke pertama kita akan membahas tentang isi dari dokumen kontrak dari awal pelaksanaan proyek tentu kita harus mematok dari dokumen kontrak mengenai isi dari  dokumen kontrak akan kita bahas berikut ini :

Surat perjanjian antara pemilik bangunan dan kontraktor. terdiri dari persyaratan umum dan administrasi atau general spesification, dan persyaratan teknis dan teknical specification. contoh dokumen kontrak :



 dari penjabaran diatas maka dapat kita bagi menjadi beberapa bagian yaitu kegiatan pekerjaan, biaya (RAB), main scedule, mutu (quality kontrol), serta sumber daya alat atau mesin.

1. Kegiatan Pekerjaan
kegiatan pekerjaan terdiri dari pembersihan lapangan, membuat pagar keliling, membangun bangunan sementara, dan lain sebagainya

2. Biaya (RAB)
terdiri dari rencana anggaran biaya, kebutuhan material dari awal sampai akhir pekerjaan proyek.

3. Main Scedule berisi tentang jadwal pelaksanaan keseluruhan , biasanya merupakan lampiran dari dokumen kontrak yang berisi bar chart, dan time grid diagram atau network planning.
contoh dari network planning


4. Mutu Atau Quality kontrol
terdiri dari mutu beton dan baja yang akan digunakan dalam pekerjaan, contoh pekerjaan beton bertulang harus tahu beton itu kekuatannya sampai berapa, K300 atau K250

5. Sumber daya alat dan mesin
Sumber daya alat dan mesin terdiri dari perlatan berat yang akan digunakan dalam pelaksanaan, contohnya untuk mengebor dibutuhkan crane,  exsavator, dan lain sebagainya.

1 komentar:

andygo mengatakan...

thanks infonya min.. btw mau numpang info agan admin..

bagi yang memerlukan Jasa Pembuatan Dokumen

Tender/Lelang Proyek Konstruksi/Pengadaan Barang

berkualitas dan spesifik sesuai standar yang

diberikan, dapat mengunjungi :

http://dokumentender.blogspot.com/

trims min..

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Justin Bieber, Gold Price in India